Selasa, 06 Juli 2021

Apa Itu Contour? Dan Bagaimana Cara Memakainya?

Bagi orang awam pastinya penasaran dengan yang namanya Contour, mulai dari Contour Powder, Contour Cream dan Contour Stick. Contour sendiri merupakan teknik makeup dimana memiliki peran dalam mengecilkan suatu area pada bagian wajah. Teknik tersebut dilakukan dengan cara memoleskan produk powder, stick matte, liquid maupun cream yang memiliki warna lebih gelap dari kulit wajah ke bagian dahi, rahang, hidung serta di bawah tulang pipi.

Jika Anda hendak contour agar telihat tirus maupun tegas, akan tetapi bingung untuk memilih jenis dari contour yang tepat. Maka dari itu berikut beberapa cara dalam menentukan jenis dari contour yang cocok untuk kulit Anda. Berikut cara memilih serta menggunakan contour powder, stick maupun cream yang benar.

Apa Itu Contour

1.       Contour powder untuk pemula

Untuk yang masih pemula dalam menggunakan Contour, maka cobalah untuk memakai contour powder. Sebab ketebalannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan Anda. Apabila ingin terlihat lebih natural, maka dapat menggunakannya dengan tipis sedangkan agar terlihat tegas maka gunakanlah sedikit lebih banyak dan juga dapat di build-up.

Jenis contour dalam bentuk powder ini terlihat flawless bagi Anda yang memiliki kulit yang berminyak. Apabila Anda memiliki kulit kering, menggunakan contour powder dapat membuat kulit Anda terlihat lebih kering lagi.

Cara memakai contour powder

Agar dapat memberikan kesan yang tirus, maka dapat mengaplikasikannya pada bagian pipi dengan cara menarik garis dari arah telinga dan menuju ke bagian mulut. Apabila Anda memiliki rahang besar maka dapat memberikan contour di bagian rahang sedikit. Kemudian baurkan secara perlahan hingga mendapatkan hasil yang sesuai.

Agar contour tersebut dapat telihat dengan lebih ringan, maka harus mem-baurkannya dengan lebih baik lagi dengan cara menggunakan brush halus dan sedikit miring, kemudian blend secara memutar supaya contour dapat menyatu dengan riasan, akan tetapi perlu berhati-hati dalam menyebarkannya pada bagian wajah. Mengaplikasikan contour powder sebaiknya digunakan setelah Anda memakai foundation maupun bedak.


2.       Contour cream untuk kulit kering

Contour dengan jenis cream seringkali dikemas dengan bentuk palette. Contour cream memiliki tekstur yang lebih cocok pada jenis kulit kering dan diaplikasikan setelah Anda memakai foundation terlebih dahulu.

Contour yang memiliki bentuk cream tersebut umumnya sedikit sulit jika diaplikasikan, sebab memiliki tekstur cream padat, maka dari itu jangan menggunakannya ke wajah dengan waktu yang lama atau harus dengan cepat untuk dibaurkan agar tidak meninggalkan bekas.

Agar mendapatkan hasil maksimal, dapat mengaplikasikannya dengan menggunakan sponge makeup dengan cara menepuknya dengan lembut ke arah bagian luar wajah.


Cara memakai contour cream

Untuk mengaplikasi contour cream, maka Anda perlu mengerjakannya sebanyak dua kali. Aplikasikan terlebih dahulu pada bagian sisi wajah kanan dan barulah sisi kirinya serta tidak lupa mengaplikasikannya pada bagian dahi lalu hidung kemudian rahang.

Agar mendapatkan hasil yang terlihat layaknya gradasi lembut caranya yaitu mengambil cream dengan secukupnya. Apabila cream kurang maka dapat ditambahkan dengan cara sedikit demi sedikit. Hal tersebut juga dapat menghindari hasil yang terlalu tebal.


3. Contour stick untuk kulit berminyak

Contour yang memiliki bentuk stick memiliki banyak peminat, sebab pemakaiannya yang simpel serta hemat tempat yang dapat dengan mudah untuk dibawa kemana saja. Contour stick dapat mempermudah Anda apabila hendak mengaplikasikan contour jenis cream.

Hal tersebut dikarenakan dari bentuknya yang mirip seperti lipstik yang mana dapat dengan mudah digunakan pada saat pengaplikasiannya dan dioleskan pada kulit. Anda juga dapat lebih mudah lagi dalam menentukan area mana yang akan di-contour.


Cara memakai stick contour

Contour stick ini sebenarnya tidak berbeda jauh seperti cream contour, akan tetapi memiliki tekstur yang lebih padat dan membutuhkan usaha lebih dalam melakukan blend. Cara menggunakannya pun sama halnya dengan menggunakan cream contour dengan cara lebih berhati-hati pada saat pengaplikasian agar tidak terlalu tebal. Apabila sudah terlalu tebal maka dapat menimpanya dengan menggunakan foundation tipis.

Pada sebuah review Stick contour biasanya digunakan untuk orang yang mempunyai jenis kulit berminyak. Agar mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat mencampurkan contour cream maupun contour stick yang ditambahkan dengan contour powder. Caranya dengan menggunakan foundation terlebih dahulu, kemudian memakai cream contour , powder lalu yang terakhit menggunakan powder contour.

Deskripsi: Contour merupakan teknik makeup yang memiliki peranan untuk mengecilkan suatu bagian pada wajah dan dapat diterapkan pada bagian dahi, rahang, hidung serta di bawah tulang pipi.

0 komentar:

Posting Komentar